RSS

RESUME KELOMPOK 4


KOMUNIKASI DALAM SUATU ORGANISASI

Komunikasi-> Penyampaian pesan dari komunikator kepada komunikan melalui media tertentu dan menyebabkan efek.

Tujuan dari komunikasi adalah agar para anggota tidak miss communication.

Teori control organisasi :
1.       Kontrol sederhana (menggunakan perintah dengan kekuatan)
2.       Kontrol teknis
3.       Kontrol birokrasi
4.       Kontrol konservatif (control yang paling disiplin diantara 3 kontrol diatas).

Ada 3 peran manajerial yang diterapkan dalam organisasi:
1.       Interpersonal -> terjadi antara dua orang secara tatap muka)
2.       Informasional
3.       Keputusan

Dimensi – dimensi komunikasi organisasi :
-          Komunikasi eksternal : digunakan anggota untuk berinteraksi diluar organisasi.
-          Komunikasi internal : pola pesan yang dibagi (share) antar anggota interaksi manusia.

Study kasus:
Robohnya wahana atlantis yang awalnya diduga karena banyaknya konsumen/pengunjung yang terlalu tinggi. Tidak ada komunikasi yang baik atara staf untuk mengganti wahana yg sebenarnya disebabkan karena wahana tersebut sudah tua.

#Kurang lebih pendapat dari bu Ira:
Etika harus diperhatikan dalam komunikasi. Iklim komunikasi pasti ada, agar dapat mengetahui suasana dalam organisasi karena iklim yang harmonis sangat dibutuhkan dalam suatu organisasi. Komunikasi akan berjalan baik bila dilakukan secara verbal agar bisa mengetahui bahasa tubuh.

0 komentar:

Posting Komentar